Detail Cantuman

Image of EBOOK : FALSAFAH DAN TEORI KEPERAWATAN DALAM INTEGRASI KEILMUAN

Text

EBOOK : FALSAFAH DAN TEORI KEPERAWATAN DALAM INTEGRASI KEILMUAN



A. Pendahuluan
alam kehidupan sehari-hari, kita selalu mendengar ilmu namun banyak orang yang belum memahami dengan sesungguhnya bagaimana filsafat ilmu tersebut. Banyak orang yang beranggapan bahwa filsafat adalah merenung, namun jika ditelaah apakah semua orang yang merenung berarti berfilsafat. Padahal berfilsafat merupakan kegiatan berfikir secara lebih luas, mendalam dan objektif. Arti kata falsafah adalah anggapan, gagasan, pendidikan, dan sikap batin yang paling dasar yang dimiliki oleh orang atau masyarakat (KBBI). Jadi, falsafah keperawatan adalah dasar pemikiran yang harus dimiliki perawat sebagai kerangka dalam berfikir. Praktek keperawatan ditentukan dalam standar organisasi profesi dan sistem pengaturan serta pengendaliannya melalui perundang-undangan keperawatan (Nursing Act), dimanapun perawat bekerja (PPNI, 2000).
B. Filsafat Ilmu
1. Filsafat merupakan sebuah proses, bukan sebuah produk yakni berpikir kritis, aktif, sistematis, dan mengikuti prinsip-prinsp logika untuk mengerti dan mengevaluasi suatu informasi dengan tujuan menentukan apakah informasi itu diterima atau ditolak (Nunu Burhanuddin, 2018).
D
Falsafah dan Teori Keperawatan dalam Integrasi Keilmuan
2
2. Filsafat ilmu adalah telaah kefilsafatan yang ingin menjawab pertanyaan mengenai hakikat ilmu, baik ditinjau dari sudut ontologi, epistemologi, maupun aksiologi yang dilakukan melalui proses dialektika secara mendalam yang sistematis dan bersifat spekulatif (Mukhtar Latif, 2016).
3. Filsafat ilmu (philosophy of science) adalah ikhtiar manusia untuk memahami pengetahuan agar menjadi bijaksana, filsafat ilmu juga filsafat yang menelusuri dan menyelidiki sedalam dan seluas mungkin segala sesuatu mengenai semua ilmu. (Ahmad Taufik Nasution, 2016).
C. Falsafah Keperawatan
1. Falsafah keperawatan adalah pandangan dasar tentang hakikat manusia sebagai makhluk holistik (yang memiliki kebutuhan biologis, psikologis, sosial-kultural dan spiritual) dan esensi keperawatan yang menjadikan kerangka dasar dalam praktik keperawatan (Nur Aini, 2018).
2. Falsafah keperawatan merupakan sebuah pandangan dasar tentang hakikat seorang manusia dan esensi keperawatan yang menjadikan kerangka dasar dalam pelaksanaan praktek keperawatan. Hakikat manusia yang dimaksud di sini ialah manusia sebagai makhluk hidup biologis, psikologis, sosial dan spiritual, sedangkan esensinya ialah falsafah keperawatan yang terdiri dari: pertama memandang bahwa pasien sebagai manusia holistik yang harus dipenuhi segala kebutuhannya baik kebutuhan biologis, psikologis, sosial dan spritual yang diberikan secara komprehensif dan tidak bisa dilakukan hanya secara sepihak atau sebagian dari kebutuhannya; kedua, bentuk pelayanan keperawatan yang diberikan harus secara langsung dengan tetap memperhatikan aspek kemanusian; ketiga, setiap
Falsafah dan Teori Keperawatan dalam Integrasi Keilmuan
3
orang berhak memperoleh perawatan tanpa memandang perbedaan atas suku, kepercayaan, status sosial, agama, dan ekonomi; keempat, pelayanan keperawatan merupakan bagian integral dari sistem kesehatan mengingat bahwa perawat bekerja dalam lingkup tim kesehatan, bukan sendiri sendiri; dan kelima, pasien adalah mitra yang selalu aktif dalam pelayanan kesehatan, bukan sebagai seorang penerima jasa yang pasif (Hidayat, 2009).
D. Ontologi, Epistemologi, Dan Aksiologi Ilmu Keperawatan
Dalam filsafat dibahas seluruh yang ada, bukan yang tiada, atau mungkin tidak ada, baik itu yang bersifat tidak nyata atau nyata meliputi Tuhan, manusia dan alam semesta. Untuk memahami secara keseluruhan filsafat dengan baik, sangat sulit dengan tidak adanya pemilahan dan mungkin kita hanya menguasai sebagian saja dari ruang lingkup filsafat.



Ketersediaan

EBOOK 2EBOOK 2Perpustakaan Fakultas Kesehatan & Ilmu Kedokteran Kampus 2 (Keperawatan)Tersedia

Informasi Detil

Judul Seri
UNTUK BACA FULL TEXT DI PERPUSTAKAAN FKIK
No. Panggil
EBOOK 2
Penerbit Alauddin Universty Press : Makassar.,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
978-602-328-308-8
Klasifikasi
EBOOK 2
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas


Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this


Perpustakaan Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan


Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Duis nec cursus mauris. Nullam vel nunc quis ipsum laoreet interdum. Maecenas aliquet nec velit in consequat.
Info selengkapnya