Detail Cantuman

Image of SKRIPSI : PENGARUH PENDIDIKAN ANAK USIA DINI (PAUD) ISLAM TERHADAP PERKEMBANGAN EMOSIONAL DAN SPIRITUAL ANAK 5-6 TAHUN DI KECAMATAN MANIANGPAJO KABUPATEN WAJO

Text

SKRIPSI : PENGARUH PENDIDIKAN ANAK USIA DINI (PAUD) ISLAM TERHADAP PERKEMBANGAN EMOSIONAL DAN SPIRITUAL ANAK 5-6 TAHUN DI KECAMATAN MANIANGPAJO KABUPATEN WAJO



Hakekat dari Pendidikan Anak Usia Dini ini sendiri adalah upaya stimulasi, mengasuh dan pemberian kegiatan pembelajaran yg akan menghasilkan kemampuan & keterampilan pada anak. Titik berat pada peletakan dasar petumbuhan & perkembangan fisik, kecerdasan, daya cipta, emosi dan spiritual.
Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah studi komperatif case control. Penelitian ini dilaksanakan di TK Aisiyah Bustanul Athfal Anabanua dan TK PGRI Maddennuang Lakadaung Kecamatan Maniangpajo Kabupaten Wajo. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 40 anak. Instrumen pengumpulan data menggunakan lembar instrument yang dikembangkan peneliti berdasarkan tingkat perkembangan emosional dan spiritual anak menurut Khairani (2012), Yus, Anita (2011) dan Lestari (2012).
Berdasarkan hasil analisis data dengan menggunakan uji statistik Mann-Whitney pada perkembangan emosional dihasilkan nilai p = 0.00, dimana nilai p lebih kecil dari pada nilai a=0.05 yang berarti bahwa nilai p bermakna dan H0 ditolak sehingga ada perbedaan perkembangan emosional antara PAUD Islam dan PAUD Umum. Dan hasil uji statistik Mann-Whitney pada perkembangan spiritual dihasilkan nilai p = 0.00, dimana nilai p lebih kecil dari pada nilai a=0.05 yang berarti bahwa nilai p bermakna dan H0 ditolak sehingga ada perbedaan perkembangan spiritual anak antara PAUD Islam dan PAUD Umum. Jadi ada pengaruh PAUD Islam terhadap Perkembangan Emosional dan Spiritual Anak.
Berdasarkan hasil penelitian ini disarankan masyarakat perlu perhatian yang lebih terhadap pendidikan anak usia dini khususnya yang berbasis Islam dengan cara salah satunya mengikutsertakan anak dalam program PAUD karena pendidikan anak yang dimulai sejak usia dini berperan terhadap perkembangan anak terutama pada aspek perkembangan emosional dan spiritual anak.



Ketersediaan

Tidak ada salinan data


Informasi Detil

Judul Seri
Untuk Baca FULL TEXT di Perpustakaan FKIK UINAM
No. Panggil
Skripsi
Penerbit Perpustakaan FKIK : .,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
-
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas


Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this


Perpustakaan Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan


Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Duis nec cursus mauris. Nullam vel nunc quis ipsum laoreet interdum. Maecenas aliquet nec velit in consequat.
Info selengkapnya