Detail Cantuman

Image of SKRIPSI : PENGARUH TERAPI MUROTTAL AL-QUR’AN TERHADAP PERUBAHAN TINGKAT KECEMASAN PASIEN DIABETES MELITUS DI RSUD LABUANG BAJI MAKASSAR

Text

SKRIPSI : PENGARUH TERAPI MUROTTAL AL-QUR’AN TERHADAP PERUBAHAN TINGKAT KECEMASAN PASIEN DIABETES MELITUS DI RSUD LABUANG BAJI MAKASSAR



Laporan statistik dari International Diabetes Federation (IDF) menyebutkan, bahwa sekarang sudah ada sekitar 230 juta penderita diabetes. Angka ini terus bertambah hinggah 3 persen atau sekitar 7 juta orang setiap tahunnya. Begitu tahu terkena diabetes melitus, tidak sedikit yang akan mengalami banyak perubahan dalam hidup. Ada yang jadi takut, cemas, panik, marah, dan adapula yang memberontak. Kecemasan apabila tidak ditangani secara baik maka akan menimbulkan masalah tersendiri yang akan semakin mempersulit dalam pengelolaan penyakit Diabetes Mellitus. Tindakan keperawatan untuk menangani masalah kecemasan pasien dapat berupa tindakan mandiri oleh perawat seperti teknik relaksasi yaitu terapi murottal Al-Qur’an. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh terapi murottal Al-Qur’an terhadap perubahan tingkat kecemasan pasien diabetes mellitus.
Penelitian ini menggunakan quasi experimental one group pretest and post test design. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh pasien diabetes mellitus yang dirawat di RSUD Labuang Baji Makassar. Waktu penelitian yaitu pada tanggal 11 September-25 Oktober 2014. Pengambilan sampel dilakukan dengan metode total sampling. Jumlah sampel dalam penelitian ini 15 responden. Alat ukur yang digunakan adalah quisioner HARS(Hamilaton Anxiety Rating Scale).analisa data uji wilcoxon.
Hasil uji wilcoxon menunjukan bahwa p-Value = 0,002 atau p



Ketersediaan

Tidak ada salinan data


Informasi Detil

Judul Seri
Untuk Baca FULL TEXT di Perpustakaan FKIK UINAM
No. Panggil
Skripsi
Penerbit Perpustakaan FKIK : .,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
-
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas


Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this


Perpustakaan Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan


Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Duis nec cursus mauris. Nullam vel nunc quis ipsum laoreet interdum. Maecenas aliquet nec velit in consequat.
Info selengkapnya