Detail Cantuman

Image of skripsi:FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KINERJA
PERAWAT PELAKSANA DI RUANG RAWAT INAP
RUMAH SAKIT ISLAM FAISAL
MAKASSAR

KHAERIYATI NURAIDA
70 300 107 115

Text

skripsi:FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KINERJA PERAWAT PELAKSANA DI RUANG RAWAT INAP RUMAH SAKIT ISLAM FAISAL MAKASSAR KHAERIYATI NURAIDA 70 300 107 115



ABSTRAK
Nama : Khaeriyati Nuraida
NIM : 70300107115
Judul : Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Kinerja Perawat
Pelaksana di Ruang Rawat Inap Rumah Sakit Islam Faisal Makassar.
Kinerja merupakan salah satu faktor penentu citra pelayanan di Rumah Sakit.
Melalui kinerja, perawat diharuskan dapat menunjukkan kontribusi profesionalnya
secara nyata dalam meningkatkan pelayanan keperawatan. Sehingga perlu dilakukan
suatu penelitian yang bertujuan untuk mengetahui faktor – faktor apa yang
berhubungan dengan kinerja perawat pelaksana di ruang rawat inap Rumah Sakit
Islam Faisal Makassar.
Variabel penelitian ini mencakup variabel dependen yaitu kinerja perawat
pelaksana dan variabel independen yaitu kemampuan, motivasi dan sikap. Desain
penelitian adalah cross sectional dengan total sampling yaitu 51 perawat pelaksana,
instrumen penelitian berupa kuesioner dengan analisa data univariat dan bivariat
menggunakan tabel distribusi frekuensi, dan uji chi-square.
Hasil penelitian menujukkan bahwa kemampuan perawat pelaksana diperoleh
nilai (ρ = 0,013) terdapat hubungan bermakna dengan kinerja perawat pelaksana.
Pada motivasi diperoleh nilai (ρ = 1,000) sehingga tidak ada hubungan bermakna
antara motivasi dengan kinerja perawat pelaksan. Pada sikap diperoleh nilai (ρ =
0,286) sehingga tidak ada hubungan bermakna antara sikap dengan kinerja perawat.
Peneliti menyarankan, bagi masyarakat sebagai pengguna jasa pelayanan
hendaknya memberikan informasi dan masukan tentang kinerja perawat pelaksana
sebagai tenaga perawat professional. Bagi rumah sakit hendaknya meningkatkan
kinerja pertawat dalam memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat dan
sebagai bahan evaluasi untuk meningkatkan kualitas kinerja perawat. Bagi institusi
pendidikan memberikan informasi yang dapat digunakan sebagai tambahan
wawasan dan pengetahuan tentang kinerja perawat. Dan bagi peneliti lain dapat
menambah pengalaman dalam melaksanakan penelitian atau sumber data bagi
peneliti berikutnya dan bahan pertimbangan yang berkepentingan untuk melakukan
penelitian yang sejenis.
BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Rumah Sakit merupakan salah satu mata rantai di dalam pemberian
pelayanan kesehatan serta suatu organisasi dengan sistem terbuka dan selalu
berinteraksi dengan lingkungannya untuk mencapai suatu keseimbangan yang
dinamis mempunyai fungsi utama melayani masyarakat yang membutuhkan
pelayanan kesehatan serta sebagai tempat penelitian berdasarkan surat keputusan
(Joeharno, 2008).
Keberhasilan sebuah rumah sakit sangat ditentukan oleh pengetahuan,
keterampilan, kreativitas dan motivasi staf dan karyawannya. Kebutuhan tenaga -tenaga terampil di dalam berbagai bida ng dalam sebuah rumah sakit sudah
merupakan tuntutan dunia global yang tidak bisa ditunda. Kehadiran teknologi dan
sumberdaya lain hanyalah alat bantu atau bahan pendukung, karena sumber daya
manusialah yang paling menentukan (Denim, 2004).
Perawat merupakan sumber daya manusia terpenting di rumah sakit
karena selain jumlahnya yang dominan (55-65%) juga merupakan profesi yang
memberikan pelayanan yang konstan dan terus- menerus 24 jam kepada pasien
setiapa hari. Oleh karena itu, pelayanan keperawatan sebaga i bagian integral dari
pelayanan kesehatan jelas mempunyai kontribusi yang sangat menentukan
kualitas pelayanan rumah sakit. Sehingga setiap upaya untuk meningkatkan
kuliatas keperawatan (Yani, 2007).
Pelayanan keperawatan di rumah sakit merupakan bagian yang sangat
penting, sehingga dibutuhkan tenaga-tenaga perawat yang handal dan
mempunyai motivasi kuat dalam menjalankan tugasnya dalam memberikan
asuhan keperawatan. Pelayanan perawat dalam upaya pelayanan kesehatan di
rumah sakit merupakan salah satu faktor penentu citra dan mutu rumah sakit,
disamping itu tuntunan masyarakat terhadap pelayanan perawat yang bermutu
semakin meningkat seiring dengan meningkatnaya akan hak dan kewajiban dari
masayarakat. Kualitas pelayanan perawat harus terus ditingkatkan sehingga upaya
pelayanan kesehatan dapat mencapai hasil yang optimal . (Nursalam, 2002).
Menurut Departemen Kesehatan RI 2007, Kinerja dalam pelayanan
kesehatan belum memadai. Hal tersebut disebabkan oleh jumlah tenaga kesehatan
dengan jumlah penduduk masih rendah. Jumlah lulusan tenaga perawat setiap
tahun sekitar 40.000 perawat baru dengan rasio terhadap jumlah penduduk 1 :
2850. Namun daya serap tenaga kesehatan oleh jaringan pelayanan kesehatan
masih terbatas.
Peningkatan tenaga keperawatan Persatuan Pearawat Nasional Indonesia
(PPNI), mengemukakan bahwa perkembangan pelayanan keperawatan saat ini
telah melahirkan paradigma keperawatan yang menuntut adanya pelayanan
keperawatan yang bermutu, untuk itu di perlukan tenaga perawat yang profesional
yang dapat memberikan pelayanan yang efektif, efesien dan bermutu. Di
Indonesia perawat yang profesional baru mencapai 2% dari total perawat yang
ada. Angka ini jauh lebih rendah di bandingkan Filipina yang sudah mencapai
40% dengan pendidikan strata satu dan dua (hasnita, 2008).
Perawat professional menuntut perawat memiliki pengetahuan dan
kemampuan dalam berbagai bidang. Kemampuan dalam tindakan dibutuhkan
untuk meningkatkan kesehatan pasien, karena asuhan keperawatan harus
ditujukan kepada manusia secara utuh bukan sekedar fisik saja (Anonim, 2009).
Deskripsi dari kinerja menyangkut tiga kompenen yaitu: tujuan, ukuran
dan penilain. Penentuan tujuan dari setiap unit organisasi merupakan starategi
untuk menungkatakan kinerja. Tujuan ini akan memberikan arah dan
mempengaruhi bagaimana seharusnya perilaku kerja yang diharapkan. Walaupun
demikian penentuan tujuan saja tidaklah cukup, sebab itu dibutuhkan ukuran
apakah se`seorang telah mencapai kinerja.
Organisasi pelayanan kesehatan, sangat penting untuk memiliki
instrument evaluasi/ penilaian kinerja yanf efektif bagi tenaga professional.
Proses evaluasi kinerja bagi profesional bagian terpenting dari upaya manajemen
untuk meningkatkan kinerja (Yaslis, 2000).
Pelaksanaan perawat di rumah sakit dipengaruhi oleh motivasi perawat
itu sendiri, dengan motivasi yang baik perawat diharapkan kinerjanya dalam
memberikan asuhan keperawatan yang semakin baik. Selain motivasi sikap juga
dibutuhkan oleh seorang perawat dalam memberikan asuhan keperawatan kepada
pasien karena mot ivasi terbentuk dari sikap seorang perawat dalam menghadapi
situasi kerja dan para perawat harus tahu berbagai konsep hukum yang berkaitan
dengan praktik keperawatan karena mereka mempunyai akuntabilitas terhadap
keputusan dan tindakan profesional yang mereka lakukan (Armi, 2006).
Masalah perawat yang sering timbul di rumah sakit pemerintah yang
dikatakan oleh masyarakat baik secara langsung maupun melalui media massa
seperti majalah, surat kabar dan televisi menayangkut penurunan pelayanan
perawat meliputi, penampilan dan sikap perawat da lam menjalankan perannya
antara lain: keterampilan, keramahan, disiplin, perhatian, tanggung jawab jawab
yang kurang disebabakan rendahnya motivasi. Penurunan ini akan berpenagaruh
pada lingkungan pekerjaan yang berdampak pada perawat di rumah sakit (Rifai,
2000).
Penurunan kinerja perawat sangat mempenagaruhi citra pelayanan
suatu rumah sakit di masyarakat. Pelayanan keperawatan yang buruk
menimbulkan kurangnya kepercayaan masyarakat terhadap kemampuan rumah
sakit. Kemampuan dalam melaksanakan tugas merupakan unsur utama dalam
menilai kinerja seseorang tetapi tanpa dukungan oleh suatu kemampuan dan
motivasi, maka tugas tidak akan dapat terselesaikan (Khalid, 2006).
Berdasarkan latar belakang di atas peneliti memandang perlu untuk
melakukan suatu penelitian mengenai faktor-faktor apa sajakah yang
berhubungan denagan kinerja perawat pelaksna di ruang rawat inap Rumah Sakit
Islam Faisal Makassar.
B. Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang diatas, maka peneliti merumuskan suatu
masalah yakni faktor-faktor apa yang berhubungan dengan kinerja perawat
pelaksana di Ruang Rawat Inap Rumah Sakit Islam Faiasal Makassar.
C. Tujuan Penelitian
1. Tujuan umum
Diketahuinya faktor-faktor yang berhubungan dengan kinerja perawat
pelaksana di Ruang Rawat Inap Rumah sakit Islam Faisal Makassar.
2. Tujuan khusus
a. Diketahui ada hubungan kemampuan dengan kinerja perawat
pelaksana di Ruang rawat inap Rumah Sakit Islam Faisal Makassar.
b. Diketahui ada hubungan antara motivasi dengan kinerja perawat
pelaksana di ruang Rawat Inap Rumah Sakit Islam faisal Makassar.
c. Diketahui ada hubungan antara sikap dengan kinerja perawat
pelaksana di ruang rawat Inap Rumah sakit Islam Faisal Makassar.
D. Manfaat
1. Bagi Masyarakat
Memberikan informasi dan masukan yang berguna dalam meningkatkan
mutu pelayanan kesehatan dengan meningkatkan kinerja perawat dan
mengakomodasi informasi dan masukan masyarakat tentang kebutuhan
pelayanan kesehatan yang sebenarnya dan dapat memberikan masukan
tantang kinarja perawat sebagai tenaga perawat profesianal.
2. Bagi Rumah Sakit
Diharapkan dapat menjadi masukan bagi pihak rumah sakit mengenai
kinerja perawat dalam memberikan pelayanan kesehatan pada masyarakat,
sebagai bahan evaluasi untuk menyusun kebijaksanaan dalam pengelolaan
pelayanan kesehatan dengan memanfaatkan semua aspek yang dapat
meningkatkan kualitas kinerja perawat pelaksana.
3. Bagi Institusi Pendidikan Keperawatn
Memberikan informasi yang dapat digunakan sebagai tambahan wawasan
dan pengetahuan tentang kinerja perawat pelaksana dan memberikan
masukan kepada Organisasi PPNI dalam rangka pembinaan dan
penghargaan kepada anggotanya
4. Bagi peneiti Lain
Menambah wawasan keilmuan dan menambah pengalaman dalam
melaksanakan penelitian dan juga Sebagai bahan informasi atau sumber
data bagi penelitian berikutnya dan bahan pertimbangan bagi yang
berkepentingan untuk melakukan penelitian yang sejenis.



Ketersediaan

Tidak ada salinan data


Informasi Detil

Judul Seri
untuk Baca FULL TEXT di perpustakaan FKIK UINAM
No. Panggil
Skripsi
Penerbit Perpustakaan FKIK : .,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
-
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas


Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this


Perpustakaan Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan


Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Duis nec cursus mauris. Nullam vel nunc quis ipsum laoreet interdum. Maecenas aliquet nec velit in consequat.
Info selengkapnya