Detail Cantuman
Text
skripsi: FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KEPUASAN KERJA PERAWAT PELAKSANA DI RUANG RAWAT INAP RSUD POLEWALI MANDAR ADHY MIRWAN NIM: 70300107089 PRODI KEPERAWATAN
ABSTRAK
NAMA PENYUSUN : Adhy Mirwan
NIM : 70300107089
JUDUL PENELITIAN :Faktor-faktor yang berhubungan dengan kepuasan kerja
perawat pelaksana di Rumah Sakit Umum Daerah
Polewali Mandar.
Kepuasan kerja menjadi masalah yang cukup menarik dan penting,
karena besar manfaatnya bagi kepentingan individu, perusahaan dan masyarakat.
Bagi individu penelitian tentang sebab–sebab dan sumber–sumber kepuasan kerja
memungkinkan timbulnya usaha–usaha peningkatan kebahagian mereka. Tujuan
penelitian ini adalah Untuk mengetahui faktor-faktor yang berhubungan dengan
kepuasan kerja (Job satisfaction) perawat di ruang rawat inap Rumah Sakit Umum
Daerah Polewali Mandar.
Penelitian ini dilaksanakan sejak tanggal 20 Mei sampai dengan 16 juni
2011 dengan populasi 80 orang perawat pelaksana yang tercatat sebagai pegawai
negeri sipil, dengan sampel berjumlah 80 orang perawat pelaksana yang tercatat
sebagai pegawai negeri sipil dengan tekhnik total sampling. Data di ambil dengan
menggunakan kusioner yang berisikan pertanyaan dan pernyataan yang akan di
jawab oleh responden. Desain penelitian yang digunakan adalah cross sectional
study. dilakukan untuk mengetahui hubungan faktor–faktor tertentu dengan
kepuasan kerja perawat. Setelah di analisis dengan uji chi square dengan
menggunakan program SPSS-16
Hasil yang di peroleh yaitu kompensasi berhubungan dengan kepuasan
kerja perawat Pelaksana di ruang rawat inap Rumah Sakit Umum Daerah Polewali
Mandar dengan nilai p = 0,000, Komunikasi berhubungan dengan kepuasan kerja
perawat Pelaksana di ruang rawat inap Rumah Sakit Rumah Sakit Umum Daerah
Polewali Mandar dengan nilai p = 0,000, Keamanan kerja berhubungan dengan
kepuasan kerja perawat Pelaksana di ruang rawat inap Rumah Sakit Umum
Daerah Polewali Mandar dengan nilai p = 0,000, dan Fasilitas berhubungan
dengan kepuasan kerja perawat Pelaksana di ruang rawat inap Rumah Sakit
Umum Daerah Polewali Mandar dengan nilai p = 0,000.
Setelah melakukan penelitian ini peneliti memberikan saran agar rumah
sakit perlu memperhatikan kebijakan yang mengakomodasi semua pihak dalam
rangka pemberian kompensasi, keamanan kerja, fasilitas, kumunikasi agar
kepuasan kerja perawat di rumah sakit meningkat.
KATA PENGANTAR
Puji syukur kehadirat Allah SWT, berkat hidayah dan taufik-Nya penulis
dapat menyelesaikan skripsi dengan judul “Faktor-Faktor yang berhubungan
dengan kepuasan kerja perawat Pelaksana di ruang rawat inap Rumah Sakit
Umum Daerah Polewali Mandar” sebagai salah satu syarat untuk menyelesaikan
studi dan memperoleh gelar Sarjana Keperawatan pada Fakultas Kesehatan Prodi
Keperawatan Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar. Salawat dan salam
kepada baginda Rasulullah SAW yang telah membawa umatnya ke arah yang
lebih baik seperti yang kita rasakan sekarang ini.
Skripsi ini bisa terselesaikan dengan bantuan dan dorongan dari berbagai
pihak. Skripsi ini kupersembahkan kepada kedua orang tuaku tercinta Ayahanda
Hasan dan Ibunda Hasna yang terus mendukung hal–hal yang terbaik dari studi
salah seorang anaknya ini. Tentunya apa yang ananda persembahkan tak akan
sepadan, namun mudah–mudahan dapat memberikan sedikit arti. Serta adikku
Rizal Syamsuryadi dan Indi Ainun Ayunintia, dan seluruh keluargaku tersayang.
Dengan segala kerendahan hati, melalui kesempatan ini penulis
mengucapkan terimah kasih dan penghargaan yang tinggi kepada :
1. Prof. Dr. H. A. Qadir Gassing HT, MS. selaku Rektor Universitas Islam Negri
Alauddin Makassar.
2. Prof. Dr. H. Ahmad M. Sewang, M.A Selaku PLT dekan Fakultas Ilmu
Kesehatan.
3. Nur Hidayah, S.Kep, Ns, M. Kes Selaku ketua prodi Jurusan Keperawatan
Fakultas Ilmu Kesehatan serta sebagai Ibu yang selalu memberikan motivasi
dan pengetahuan yang luas kepada kami anak didiknya. Seluruh dosen di prodi
keperawatan dan seluruh staf terkhusus untuk k.jannah yang telah banyak
membantu kami.
4. Ibu Hj. Saenab Dasong, SKM, M. kep selaku pembimbing I dan Bapak Agus,
S.kep. Ns selaku pembimbing II yang telah memberikan bimbingan dan
dukungan selama penulis menyelesaikan skripsi ini.
5. Prof. Dr. H. Irfan Idris, M. Ag dan Nur Hidayah S. Kep. Ns. M. Kes selaku
penguji yang telah memberikan kritik dan saran yang bersifat membangun
demi penyempurnaan skripsi ini.
6. Direktur RSUD Polewali Mandar beserta staf dan seluruh perawat yang telah
banyak membantu penulis selama melakukan penelitian untuk penyusunan
skripsi ini.
7. Terima kasih buat sahabat – sahabat terbaikku Maya, Lina, Kamelia Dan
terkhusus untuk Maya sebagai sahabat sekaligus saudara yang telah
menyediakan waktunya untuk mendengarkan semua keluhan – keluhan yang
ada.
9. Terima kasih buat k. Rhyriek yang telah memberikan ilmunya dalam
penyelesaian skripsi ini dan semangat yang tak henti – hentinya di berikan
kepada penulis dalam penyelesaian skripsi ini.
10. Teman–teman seperjuangan keperawatan 07 pada umumnya dan untuk teman–
teman di Keperawatan C 07 pada khususnya.
12. Orang–orang yang telah banyak membantu dan memberikan dukungan terbaik
kepada penulis selama ini.
Penulis menyadari sepenuhnya skripsi ini jauh dari kesempurnaan karena
penulis sebagai manusia biasa yang mempunyai keterbatasan kemampuan dan
pengetahuan. Untuk itu, penulis mengharapkan saran dan kritik yang membangun
agar tulisan ini lebih memberikan manfaat.
Penulis berharap semoga skripsi ini dapat bermanfaat, baik itu bagi
penulis pribadi, dunia keperawatan, dunia pendidikan dan masyarakat pada
umumnya.
Wabillahitaufik walhidayah wassalamu‟alaikum warahmatullahi
wabarakatuh.
Makassar, 28 Juli 2011
Penunlis
DAFTAR ISI
HALAMAN SAMPUL
LEMBAR PENGESAHAN ............................................................................. i
ABSTRAK ...................................................................................................... ii
KATA PENGANTAR ..................................................................................... iii
DAFTAR ISI.................................................................................................... vi
DAFTAR TABEL ............................................................................................ viii
BAB I. PENDAHULUAN
A. Latar Belakang ....................................................................... 1
B. Rumusan Masalah .................................................................. 6
C. Tujuan Penelitian ................................................................... 6
D. Manfaat Penelitian ................................................................. 7
BAB II. TINJAUAN PUSTAKA
A. Kepuasan Kerja ....................................................................... 8
BAB III. KERANGKA KONSEP
A. Kerangka Konsep .......................................................................... 26
B. Defenisi Operasional ....................................................................... 28
C. Hipotesa Penelitian ........................................................................ 30
BAB IV. METODE PENELITIAN
A. Desain Penelitian ........................................................................... 31
B. Lokasi dan Waktu Penelitian ........................................................... 31
C. Populasi dan Sampel ........................................................................ 31
D. Instrumen Penelitian ...................................................................... 32
E. Pengumpulan Data................................................................ ........... 34
F. Pengolahan Data dan Analisis Data ............................................... 35
G. Etika Penelitian .............................................................................. 37
BAB V. HASIL DAN PEMBAHASAN
A. Gambaran Umum Lokasi Penelitian................................................ 38
B. Hasil Penelitian .............................................................................. 40
C. Pembahasan ................................................................................. 50
BAB VI. PENUTUP
A. Kesimpulan .................................................................................. 60
B. Saran .......................................................................................... 60
DAFTAR PUSTAKA
LAMPIRAN
DAFTAR TABEL
Halaman
Tabel 1 Distribusi responden berdasarkan umur di ruang rawat inap
RSUD Polewali Mandar ............................................................... 41
Tabel 2 Distribusi responden berdasarkan Jenis Kelamin di ruang
rawat inap RSUD Polewali Mandar ............................................. 41
Tabel 3 Distribusi responden berdasarkan Lama Kerja di ruang
rawat inap RSUD Polewali Mandar ........................................... 42
Tabel 4 Distribusi responden berdasarkan Pendidikan di ruang rawat
inap RSUD Polewali Mandar ..................................................... 42
Tabel 5 Distribusi responden berdasarkan Gaji Pokok di ruang rawat
inap RSUD Polewali Mandar ..................................................... 43
Tabel 6 Distribusi responden berdasarkan Keamanan Kerja di ruang
rawat inap RSUD Polewali Mandar ........................................... 43
Tabel 7 Distribusi responden berdasarkan Kompensasi di ruang rawat
inap RSU. Haji Makassar ........................................................... 44
Tabel 8 Distribusi responden berdasarkan Fasilitas di ruang rawat
inap RSUD Polewali Mandar ..................................................... 44
Tabel 9 Distribusi responden berdasarkan Komunikasi di ruang rawat
inap RSUD Polewali Mandar ................................................... 45
Tabel 10 Distribusi responden berdasarkan Kepuasan Kerja di ruang
rawat inap RSUD Polewali Mandar ........................................... 45
Tabel 11 Distribusi responden berdasarkan Hubungan Keamanan
Kerja Dengan Kepuasan Kerja Kerja di ruang rawat inap
RSUD Polewali Mandar ............................................................. 46
Tabel 12 Distribusi responden berdasarkan Hubungan Kompensasi
Dengan Kepuasan Kerja Kerja di ruang rawat inap RSUD
Polewali Mandar ...................................................................... 47
Tabel 13 Distribusi responden berdasarkan Hubungan Fasilitas
Kerja Dengan Kepuasan Kerja Kerja di ruang rawat inap
RSUD Polewali Mandar ............................................................... 48
Tabel 14 Distribusi responden berdasarkan Hubungan Komunikasi
Kerja Dengan Kepuasan Kerja Kerja di ruang rawat inap
RSUD Polewali Mandar ............................................................. 49
BAB I
PENDAHULUAN
A. LATAR BELAKANG
Pembangunan kesehatan sebagai salah satu upaya pembangunan
nasional dalam rangka tercapainya kesadaran, kemauan dan kemampuan
untuk hidup sehat bagi setiap penduduk agar dapat mewujudkan derajat
kesehatan yang optimal. Untuk mencapai tujuan tersebut dibutuhkan upaya
pengelolaan berbagai sumber daya pemerintah maupun masyarakat sehingga
dapat disediakan pelayanan kesehatan yang efisien, bermutu dan terjangkau.
Hal ini perlu didukung dengan komitmen yang tinggi terhadap kemauan, etika
dan dilaksanakan dengan semangat pemberdayaan yang tinggi, dengan
prioritas kepada upaya kesehatan dan pengendalian penyakit disamping
penyembuhan dan pemulihan (Frana, 2006)
Dalam memahami pengertian profesi, terdapat beberapa pendapat yang
mempunyai pandangan terhadap pengertian profesi itu sendiri diantaranya
Schein EH (1992) yang memandang bahwa profesi merupakan sekumpulan
pekerjaan yang membangun suatu norma yang sangat khusus yang berasal dari
peranannya di masyarakat. Hughes EC pada tahun 1963 mengartikan profesi
adalah mengetahui yang lebih baik tentang sesuatu hal dari orang lain serta
mengetahui lebih baik dari kliennya tentang apa yang terjadi pada kliennya
(Nursalam. 2007).
Di rumah sakit, yang paling sering berinteraksi secara langsung
dengan pasien adalah perawat, sehingga kualitas pelayanan yang
dilaksanakan oleh perawat dapat dinilai sebagai salah satu indikator baik atau
buruknya kualitas pelayanan di rumah sakit. Lokakarya nasional
(Januari1983) yang merupakan awal diterimanya profesionalisme
keperawatan di Indonesia, didefenisikan, “keperawatan sebagai suatu bentuk
pelayanan profesional yang merupakan bagian integral dari pelayanan
kesehatan, didasarkan pada ilmu dan kiat keperawatan, berbentuk pelayanan
bio-psiko-sosial-spiritual yang komprehensif, ditujukan kepada individu,
keluarga dan masyarakat, baik sehat maupun sakit yang mencakup seluruh
proses kehidupan manusia. Keperawatan merupakan bantuan, diberikan
karena adanya kelemahan fisik dan mental, keterbatasan pengetahuan, serta
kurangnya kemauan menuju kepada kemampuan melaksanakan kehidupan
hidup sehari–hari secara mandiri”. (Kusnanto,2004 ) .
Kegiatan pelayanan keperawatan tergantung pada kualitas dan
kuantitas tenaga keperawatan yang bertugas selama 24 jam terus menerus
dibangsal. Untuk meningkatkan mutu pelayanan diperlukan dukungan sumber
daya manusia yang mampu mengemban tugas dan terus mengadakan
perubahan. Agar dapat terlaksana, diperlukan adanya perencanaan, baik
jumlah maupun klasifikasi tenaga serta pendaya gunaan, baik jumlah maupun
klasifikasi tenaga serta pendayagunaannya sesuai dengan system pengelolaan
yang ada (Suyanto, 2008)
Kondisi kesehatan perawat, merupakan cerminan dari kepuasan dan
ketidakpuasan perawat. Pernyataan lain mengatakan bahwa adanya hubungan
yang positif antara kepuasan dan produktifitas kerja dari perawat. Kepuasan
kerja juga merupakan faktor penting dalam menghasilkan kinerja. Adanya
kepuasan kerja akan berpengaruh pada produktifitas dan prestasi kerja perawat
akan meningkat secara optimal (Adhy Nugroho 2004).
Kinerja sebagai suatu aplikasi pengetahuan dan keterampilan yang
dimiliki oleh setiap tenaga perawat dapat dijadikan indikator pelayanan
kesehatan yang bermutu disebuah institusi pelayanan. Dalam hal ini menjadi
acuan bagi masyarakat sebagai konsumen ketika memilih sebuah organisasi
pelayanan kesehatan, karena secara manusiawi mengharapkan pelayanan yang
bermutu, sehingga menimbulkan kepuasan (Adhy Nugroho 2004).
Kemampuan dalam melaksanakan tugas merupakan unsur utama
dalam menilai kinerja seseorang tetapi tanpa dukungan oleh suatu kemampuan
dan motivasi, maka tugas tidak akan dapat terselesaikan. Jika seseorang telah
melaksanakan tugas dengan baik, maka akan mendapatkan kepuasan.
Kepuasan terhadap hasil yang dicapai dari usahanya dan tantangan selama
proses pelaksanaannya, kepuasan tersebut dapat tercipta dengan strategi
memberikan suatu penghargaan yang dicapai, baik berupa fisik maupun psikis
dan peningkatan motivasi (Moh.As‟ad 2004).
Menurut Dewi penelitian ilmiah menunjukkan tingkat kepuasan kerja
perawat di tiap unit kerja instalasi rawat inap RSU Gunung Jati Cirebon tahun
2004 berkisar antara 30% sampai 62,9% . Ketidakpuasan kerja perawat di
tiap unit kerja Instalasi rawat inap RSU Gunung Jati Cirebon tahun 2004,
berkaitan dengan faktor kebijakan dan imbalan.(Dewi, 2009)
Di Sulawesi penelitian tentang motivasi kerja dilakukan oleh Erlin
Natsir dan Joeharno, di ruang rawat inap di Rumah Sakit Umum Lasinrang
Kabupaten Pinrang. Kinerja perawat pada kategori cukup berdasarkan
motivasi kerja berada pada kategori cukup (54,4%) dan pada kategori kurang
(45,6%) sedangkan kinerja kurang berada pada kategori cukup (32,3%) dan
kategori kurang (67,7%). (Natsir, 2008).
Menurut data dari kepegawaian RSUD Polewali Mandar jumlah
perawat sebanyak 205 orang dengan rincian S1 keperawatan 3 orang, DIII 81
orang, Spk/Smk 21 orang, jadi total keseluruhan Pegawai negeri sipil (PNS)
105 orang, Pegawai sukarela DIII keperawatan 98, Spk/Smk 2 orang, jadi
jumlah keseluruhan Pegawai Sukarela 100 orang. (Diklat Keperawatan
RSUD Polewali Mandar, 2011).
Perawat yang mempunyai kepuasan kerja cukup baik diharapkan dapat
meningkatkan mutu pelayanan keperawatan yang mereka berikan terhadap
klien. Kepuasan klien dan kualitas pelayanan keperawatan telah dikenal
sebagai salah satu faktor yang menjadi alasan klien ingin kembali ke rumah
sakit yang sama (Yudi Nur, 2009).
Pada dasarnya kepuasan kerja merupakan hal yang bersifat individual.
Setiap individu akan memiliki tingkat kepuasan yang berbeda-beda sesuai
dengan sistem nilai yang berlaku pada dirinya. Hal ini disebabkan adanya
perbedaan pada masing-masing individu. Semakin banyak aspek-aspek dalam
pekerjaan yang sesuai dengan keinginan individu tersebut, maka semakin
tinggi tingkat kepuasan yang dirasakannya dan sebaliknya (Nursalam 2007).
Kepuasan kerja menjadi masalah yang cukup menarik dan penting,
karena besar manfaatnya bagi kepentingan individu, rumah sakit dan
masyarakat. Bagi individu, penelitian tentang sebab-sebab dan sumber-sumber
kepuasan kerja memungkinkan timbulnya usaha-usaha peningkatan
kebahagiaan mereka. Bagi rumah sakit, penelitian mengenai kepuasan kerja
dilakukan dalam rangka usaha peningkatan kualitas produksi melalui
perbaikan sikap dan tingkah laku karyawan, selanjutnya masyarakat tentu
akan menikmati hasil dari produk atau jasa rumah sakit yang maksimal
(Moh.As‟ad 2004).
Kepuasan kerja di RSUD Polewali Mandar terus menghawatirkan
karna perawat pelaksana yang bekerja di ruang rawat inap RSUD Polewali
Mandar mengeluhkan tentang kepuasan kerja mereka karna ada beberapa
faktor yang mempengaruhi kepuasan kerja perawat yang ada di ruang rawat
inap RSUD Polewali Mandar. Suatu penelitian ilmiah menunjukkan tingkat
kepuasan kerja perawat di setiap ruang rawat inap RSUD Polewali mandar
tahun 2007 berkisar antara 45% sampai. Ketidakpuasan kerja perawat di setiap
ruang rawat inap RSUD Polewali Mandar tahun 2007, berkaitan dengan faktor
Kondisi Kerja, aspek sosial dalam pekerjaan, faktor inrisisk dan
imbalan.(Darmawan, 2007)
Untuk itulah dalam kesempatan ini peneliti merasa tertarik mengambil
penelitian dengan mengangkat judul: “Faktor-faktor yang berhubungan dengan
kepuasan kerja perawat pelaksana di ruang rawat inap RSUD Polewali
Mandar.
B. RUMUSAN MASALAH
Berdasarkan uraian pada latar belakang, maka penulis menyusun rumusan
masalah pada penelitian ini adalah faktor-faktor apa sajakah yang berhubungan
dengan kepuasan kerja perawat pelaksana di ruang Rawat Inap RSUD Polewali
Mandar.
C. TUJUAN PENELITIAN
1. Tujuan Umum
Untuk Diketahuinnya faktor-faktor yang berhubungan dengan kepuasan
kerja perawat pelaksana di ruang rawat inap RSUD Polewai Mandar.
2. Tujuan Khusus
a. Untuk diketahui faktor keamanan kerja dengan kepuasan kerja
perawat pelaksana di ruang rawat inap RSUD Polewali Mandar.
b. Untuk diketahui hubungan faktor fasilitas dengan kepuasan kerja
perawat pelaksana di ruang rawat inap RSUD Polewali Mandar.
c. Untuk diketahui hubungan faktor komunikasi dengan kepuasan kerja
perawat pelaksana di ruang rawat inap RSUD Polewali Mandar.
d. Untuk diketahui hubungan faktor kompensasi dengan kepuasan kerja
perawat pelaksana di ruang rawat inap RSUD Polewali Mandar.
D. MANFAAT PENELITIAN
1. Bagi Rumah Sakit
Sebagai bahan pertimbangan bagi rumah sakit untuk mengetahuai faktor-faktor yang berhubungan dengan kepuasan kerja perawat pelaksana di
ruang rawat inap RSUD Polewali Mandar sehingga dapat terciptanya
kepuasan kerja perawat yang akhirnya akan menghasilkan kinerja
perawat.
2. Bagi Pengembangan Ilmu
a. Sebagai tambahan wacana keperawatan mengenai faktor-faktor yang
berhubungan dengan kepuasan kerja perawat pelaksana.
b. Sebagai referensi ilmiah yang dapat dipergunakan oleh pihak yang
memerlukan untuk bahan pertimbangan.
c. Sebagai salah satu wadah untuk mengembangkan ilmu keperawatan
khususnya manajemen keperawatan
Ketersediaan
Tidak ada salinan data
Informasi Detil
Judul Seri |
untuk Baca FULL TEXT di perpustakaan FKIK UINAM
|
---|---|
No. Panggil |
Skripsi
|
Penerbit | Perpustakaan FKIK : ., 2011 |
Deskripsi Fisik |
-
|
Bahasa |
Indonesia
|
ISBN/ISSN |
-
|
Klasifikasi |
NONE
|
Tipe Isi |
-
|
Tipe Media |
-
|
Tipe Pembawa |
-
|
Edisi |
-
|
Subyek |
-
|
Info Detil Spesifik |
-
|
Pernyataan Tanggungjawab |
-
|
Versi lain/terkait
Tidak tersedia versi lain
Lampiran Berkas
Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this
Perpustakaan Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Duis nec cursus mauris. Nullam vel nunc quis ipsum laoreet interdum. Maecenas aliquet nec velit in consequat.
Info selengkapnya